Jumat, 27 Januari 2017

REVIEW FILM - ARRIVAL (2016)

IMDB: 8.2/10
ROTTEN TOMATOES: 94% & 83%
Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi

Director: Dennis Villenueve
Written: Eric Heisserer (Screenplay), Ted Chiang (Based On Story "Story Of Your Life")
Cast: Amy Adams - Louise Banks
        Jeremy Renner - Ian Donnely
        Forest Whitaker - Colonel Webber
        Michael Stuhlbarg - Agent Harper
        Mark O'Brian - Captain Marks
        Tzi Ma - General Shang
        etc

SAMARINDA - Apa kalian pernah menonton film sci-fi tentang alien sebelumnya? Tentang sebuah film di mana bumi kedatangan makhluk luar angkasa lain atau di sebut UFO ini berani tampil beda. Jika kalian membayangkan sebuah film sci-fi yang seperti War Of The Worlds, Skyline, ataupun Alien series maka di harapkan kalian akan kecewa. Tapi tunggu dulu, ini adalah film berkualitas. Bukan mengenai perang antar umat manusia seperti Independence Day ataupun cerita klise lainnya, kali ini saya akan membahas sebuah film yang menurut saya terbaik di tahun 2016 dan merupakan salah satu calon pemenang terbaik di ajang piala Oscar.

Berkisah tentang kedatang 12 benda melayang dari planet luar (UFO) yang di duga adalah alien. Namun penduduk bumi sangat khawatir apakah ini adalah sebuah tanda perkenalan ataupun tanda sebuah perang antar planet. Karakter utama adalah seorang dosen dan ahli bahasa, Louise Banks (Amy Adams) yang di minta bantuan oleh tentara USA Colonel Webber (Forest Whitaker) untuk mengetahui apa tujuan "mereka" sebenarnya kesini. Bersama seorang ahli teori fisika Ian Donnely (Jeremy Renner), Louise berusaha berkomunikasi dengan makhluk tersebut untuk mencari tau apa maksud tujuan mereka.


Film ini mempunyai naskah adapatasi terbaik menurut saya. Walaupun di adaptasi dari cerita pendek dari Ted Chiang, namun si penulis (Eric Heisserer) mencoba membuat konteks dan alur cerita yang padat dan fokus. Film ini mungkin sekilas tampak berpusat pada alien. Namun, jika kalian memperhatikan dengan seksama maka akan banyak sekali makna dan pelajaran yang akan kalian ambil disini. Ini tak lain juga adalah sebuah film drama, dimana tuntutan peran yang menjadi kunci keberhasilan film ini. Amy Adams sungguh berhasil membawakan peran yang ia lakoni. Dengan background dirinya yang gelap serta masa lalu yang kian menghantuinya membuat hatinya semakin bergerak untuk membantu umat manusia. Peran pemain lainnya seperti Jeremy Renner dan Forest Whitaker juga tampil pas. Tidak ada kekurangan dan kelebihan mereka karena tertutupi bayangan dari Amy Adams. Tapi sekali lagi, mereka sangat pas membawakan peran pendukung dalam alur cerita ini.

Kelebihan dari film ini sangat banyak. Selain naskah cerita adaptasi yang sempurna dan juga akting yang mumpuni, sang sutradara Dennis Villenueve berhasil memformulasikan karya tulisan ini menjadi film yang layak di tonton. Dengan tone yang cukup gelap (bagi saya) film ini mempunyai kemiripan dengan film ia sebelumnya yaitu, Enemy. Editing dan pengambilan gambar yang cantik juga berhasil membawa film ini menjadi layak untuk di tonton. Satu lagi adalah mixing sounds dari komposer Jóhann Jóhannsson yang sungguh indah. Setiap momen, alunan musik yang indah serta sinematografi yang cantik membuat emosi dalam film ini semakin terjamah oleh penonton.



Film ini tak hanya sekedar tentang alien. Namun juga melihat kehidupan sosial manusia pasca mengetahui adanya kedatang tamu di bumi ini. Sifat natural manusia yang sungguh anarkis, beberapa keputusan bodoh manusia dalam menghadapi masalah dan kesedihan dari sebuah masa lalu berhasil di satu padukan dalam film Arrival. Kekurangan dari film ini adalah ini bukanlah sebuah film "ringan". Beberapa penonton merasa kecewa dan pusing setelah menonton ini. Tapi sekali lagi, itu adalah pandangan subjektif yang masuk akal. Karena Arrival sendiri memang tidak di buat sebagai film fiksi alien yang penuh aksi.

Ini adalah masterpiece di tahun 2016. Dennis Villenueve berhasil dalam membuat Arrival dan aku tak sabar menonton film terbarunya yaitu Blade Runner 2049. Rating A+ untuk Arrival dan sangat wajib untuk kalian kaji bersama teman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar