Jumat, 20 Januari 2017

REVIEW FILM - GARDEN STATE (2004)

IMDB: 7.6/10
ROTTEN TOMATOES: 86% & 88%
Genre: Comedy, Drama, Romance

Directed: Zach Braff
Written: Zach Braff
Cast: Zach Braff - Andrew Largeman
         Natalie Portman - Sam
         Ian Holm - Gideon Largeman
         Peter Sarsgaard - Mark
         Jean Smart - Carol
         Ato Essandoh - Titembay
         etc

SAMARINDA - Film ini merupakan film pertama dari Zach Braff yang ia tulis dan sutradarai sendiri. Bagi kalian yang belum mengenalnya, ia sangat terkenal dalam serial sitkom The Scrubs sebagai dokter bernama D.J. Film bergenre komedi, drama dan romance mungkin sudah sangat umum kita lihat. Sangat umum, namun di pastikan dalam film yang memberatkan drama ini akan sedikit berbeda. Setiap film mempunyai esensi tersendiri, seorang penulis dan sutradara mempunyai tujuan tersendiri ketika ia membuat sebuah karya. Dan Zach Braff menggambarkannya dengan sangat indah melalui film ini. Film ini sendiri adalah adaptasi dari kisah masa lalunya walaupun beberapa hal ia tulis secara fiksi untuk menambah unsur dramatis. Tidak ada yang banyak di kritik dalam film ini, sangat jenius sekali untuk pemula.

Andrew Largeman adalah seorang aktor yang tidak terlalu sukses dan hidup di kota besar. Ia bahkan harus bekerja paruh waktu sebagai pramusaji untuk membiayai hidupnya. Ketika ia mendapat kabar bahwa ibunya meninggal, dengan berat hati ia kembali ke kampung halamannya untuk memberi penghormatan terakhir. Ia sudah lama sekali pergi mengasingkan diri dari keluarganya akibat masalah di masa lalu. Tak ayal dia kembali kesana, ia bertemu dengan seorang wanita muda enerjik bernama Sam yang di perankan oleh Natalie Portman. Kehadiran Sam membuat kehidupannya yang awalnya suram perlahan menjadi ceria lagi. Perlahan-makin perlahan semua emosi yang ternyata ia pendam selama ini dapat ia sampaikan kembali akibat keterbukaannya dengan Sam dan di hibur oleh sahabat lamanya, Mark yang di perankan Peter Sarsgaard.



Film ini sendiri sungguh sangat emosional. Mengingat bahwa ini adalah film pertama yang ia sutradarai dan ia tulis mungkin sangat menarik banyak penonton. Sebuah kisah kehidupan tentang pria yang terlalu canggung, introvert dan tertutup terhadap dunia kemudian bertemu wanita yang bisa membuat ia menjadi terbuka. Mungkin ini sedikit klise, tapi tenang saja. Konflik yang di hadirkan disini sangat beragam, background karakter yang sangat menarik mulai dari Andrew, Sam dan bahkan Mark. Interaksi yang di ciptakan oleh karakter Andrew dan Sam juga menyita perhatian. Natalie Portman adalah aktris yang sangat handal, jadi tidak usah di ragukan lagi kemampuannya untuk berakting.

Kelebihan dari film ini adalah unsur kehidupan yang ia tanamkan dalam cerita. Isu yang ia tulis mengenai makna sebuah Cinta atau Keluarga membuat semua orang tersentuh. Penyutradaraan dari Zach Braff yang sangat jenius walaupun masih amatir malah membuat ia di beri banyak pujian. Akting dari pemain di tiap-tiap karakter membuat film ini menjadi terisi walaupun ada beberapa cameo dari aktor yang cukup populer tapi tak terlalu penting untuk di masukan ke dalam film. Tapi yang paling menarik adalah soundtrack. Yup, Zach memilih sendiri soundtrack dari film ini dan sangat-sangat cocok dengan alur dramatisasi yang ada di dalam film. Mulai dari scene romance, komedi atau bahkan drama di isi dengan soundtrack yang sangat pas.



Zach Braff sangat berhasil dengan film ini dan ku merekomendasikan kalian film ini.
Rating yang pas adalah B+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar