Senin, 23 Januari 2017

REVIEW FILM - THE ROYAL TENENBAUMS (2001)

IMDB: 7.6/10
ROTTEN TOMATOES: 80% & 89%
Genre: Comedy, Drama

Director: Wes Anderson
Written: Wes Anderson, Owen Wilson
Cast: Gene Hackman - Royal Tenenbaum
         Anjelica Huston - Etheline Tenenbaum
         Ben Stiller - Chas Tenenbaum
         Gwyneth Paltrow - Margot Tenenbaum
         Luke Wilson - Richie Tenenbaum
         Owen Wilson - Eli Cash
         Bill Murray - Raleigh St. Clair
         Danny Glover - Henry Sherman
         Alec Baldwin - Narrator
         etc

Awards:

Academy Awards, USA 2002
Nominated
Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen
Wes Anderson & Owen Wilson

SAMARINDA - Apa kalian pernah menonton film Wes Anderson? Sayang sekali jika kalian belum. Kita mungkin mengenal sutradara jenius diluar sana seperti Christoper Nolan, Steven Spielberg, Ridley Scott ataupun James Cameron. Namun jika kalian tak pernah meliat karya dari beliau, sungguh sangat di sayangkan sekali. Wes Anderson sangat terkenal membuat film seperti The Grand Budapest Hotel, Darjeling Limited, Ataupun Moonrise Kingdoms. Nah, kali ini saya akan mencoba untuk mereview salah satu mahakarya dari beliau yang sangat influence dan tentu saja menghibur kalian.

Film ini di tayangkan pada tahun 2001 tepatnya. Cerita komedi drama yang bertema keluarga dan cerita ini mungkin sudah sangat klise kalian dengar. Namun bagaiman Wes Anderson membuat film ini layak di tonton? Pertama adalah sinematografi. Yup, jika kalian melihat Grand Budapest Hotel atau Darjeling Limited kalian akan merasakan bagaimana menonton filmnya. Dengan andalan menggunakan pengambilan gambar still yang kaku namun semua tertata rapi di dalam layar. Wes Anderson mampu menggambarkan suasana apapun itu menjadi sebuah komedi canggung nan elok di layar. Keahlian penyutradaraannya dalam mengarahkan jernihnya cut-to-cut tiap scene juga menjadi ciri khas beliau. Tone dalam film ini juga di buat jumping mengikuti suasana emosi yang terjadi. Walaupun ini cerita komedi, namun kalian tak akan merasakan bahwa ini komedi. Setiap scene, selalu ada kejutan yang di bawakan di dalamnya.



Royal Tenenbaum (Gene Hackman) adalah seorang ayah dan juga suami yang bisa di bilang tidak cocok menjadi figur dalam keluarga. Ia mempunyai istri dan 3 orang anak, Chas (Ben Stiller), Margot (Gwyneth Paltrow) dan Richie (Luke Wilson). Namun kehidupannya yang terlalu liar membuat dia pada perceraian dan perpisahan pada anaknya. Tetapi Royal sama sekali tidak peduli. Di masa tuanya, ia pun jatuh bangkrut dan membuat akal-akalan dengan berpura-pura di vonis kanker dan hidupnya tidak lama lagi. Ia berpura-pura agar bisa kembali dekat dengan keluarganya dulu yang di telantarkan. Itu adalah inti dari cerita The Royal Tenenbaums. Sangat simple, umum, klasik. Namun itu tak akan sesimpel yang kalian bayangkan. Deretean konflik dan alur yang terjadi sangatlah unik. Background masing-masing karakter penting mampu di jelaskan secara detail. Konflik antar ayah dan anak, istri dan suami, dan bahkan konflik Royal dengan dirinya sendiri.

Naskah ini sangat pintar dan cerdik sekali, di tangani oleh Owen Wilson dan Wes Anderson sendiri. Ya, mereka memang adalah duet sejati di perfilman Hollywood. Hampir semua film Wes Anderson itu selalu ada Owen Wilson walaupun hanya peran kecil atau besar sekaligus.  Imajinasi yang mereka tanamkan disana sungguh pintar. Alur cerita yang baik, Komedi yang rapi, tak memaksakan penonton, serta konflik yang rumit membuat kita semakin menarik untuk menontonnya. Tak hanya itu, ini adalah satu film ensemble yang berhasil. Mempunyai banyak pemain top, namun peran yang tersusun secara merata dan tidak terlalu fokus ke pemeran utama. Ini adalah sebuah film mengenai keluarga dan cinta. Jadi esensi yang ada dalam film ini sungguh di sampaikan dengan baik.



Bagi kalian yang merasa bosan dan merasa bahwa film ini adalah film typical hollywood maka kalian salah. Ini adalah salah satu mahakarya dari sutradara eksentrik. Bukan hanya soal cerita yang di utamakan, tetapi keindahan dalam mengambil sebuah gambar dan di salurkan menjadi sebuah film The Royal Tenenbaums.

Rating yang sangat cocok adalah A. Ini benar-benar rekomendasi kalian untuk pecinta film diluar sana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar