Selasa, 10 Januari 2017

REVIEW FILM - BEFORE THE DEVIL KNOWS YOU'RE DEAD (2007)

IMDB: 7.3/10
ROTTEN TOMATOES: 88% & 71%
Genre: Crime, Drama, Thriller

Director: Sidney Lumet
Written: Kelly Masterson
Cast: Phillip Seymour Hoffman - Andy
         Ethan Hawke - Hank
         Albert Finney - Charles
         Marisa Tomei - Gina
         Amy Ryan - Martha
         Sarah Livingston - Danielle
         Michael Shannon - Dex
         etc

SAMARINDA - Bagi kalian yang baru mendengar nama Sidney Lumet mungkin kalian asing dengan beberapa karya-karya filmnya. Ia tak lain dan tak bukan adalah "Raja tanpa mahkota" di perfilman hollywood. Mahakarya yang pernah di buatnya antara lain adalah Dog Day Afternoon, 12 Angry Men. Ya itu adalah salah satu filmnya yang pernah saya tonton dan kemudian Before The Devil Knows You're Dead. Film ini merupakan karya terakhir dari Sidney Lumet sebelum beliau meninggal pada tahun 2011. Film yang berat pada genre Drama ini menceritakan tentang kakak beradik yang merencanakan perampokan pada toko perhiasan kedua orang tuanya. Namun sang adik Hank (Ethan Hawke) membuat perampokan ini gagal dan tak sengaja membuat terbunuhnya ibu mereka. Masalah tak selesai sampai disana. Ayah mereka yang sakit hati mencoba mencari siapa pelaku tersebut untuk membalas dendam, masalah kembali datang karena istri Bobby, partner Hank yang terbunuh berusaha untuk mengadukan Hank kepada polisi. Konflik yang di hadirkan di film ini begitu banyak namun tersusun dengan cukup rapi. Peran Phillip Seymour Hoffman sebagai Andy mungkin adalah salah satu pemikat dari film ini. Ia mampu menghipnotis penonton dengan peran yang di bawakannya. Menjadi pecandu narkoba sekaligus pria yang hidup "seperti" tanpa masalah pun dapat di bawakannya dengan baik.



Tak hanya itu, Ethan Hawke juga kali ini tak kalah sukses dengan Phillip, berperan sebagai Hank yang mempunyai masalah keuangan dan harus mencari nafkah untuk anaknya tak susah ia lakoni. Sekali lagi, bumbu konflik yang pas dan tak memaksa ini membuat orang tak menguap jika menonton ini, walaupun ada di beberapa adegan yang sedikit memaksakan. Peran pemain lainnya juga pas, Marisa Tomei, Albert Finney yang sudah di akui kemampuan aktingnya tak mengecewakan para penonton. Tempo film yang di atur seciamik mungkin serta tone film yang di gunakan sangatlah pas. Tanpa perlu editing yang ribet serta pengambilan gambar yang riwet, Sidney Lumet mampu memperlihatkan kita bahwa ia masih mampu membuat sebuah karya yang sangat worthy untuk di tonton.



Kelebihan film ini selain penggarapan yang rapi, penulisan cerita yang menarik adalah emosional pemain antara kakak beradik Andy dan Hank. Phillip dan Ethan kali ini sempurna membuat chemistry diantara mereka berdua. Emosional yang dapat dirasakan penonton setelah melihat film ini akan terbawa. Mungkin kekurangan dari film ini adalah promosi dari film ini tersebut. Di Hollywood sendiri memang beberapa film oscar sangat jarang mempromosikan filmnya terlalu besar-besaran. Mereka menegaskan esensi dari sebuah film melalui sebuah cerita serta penggambaran yang baik. Walaupun mereka tidak mendapat anugrah bergengsi seperti Academy Award maupun Golden Globe namun film ini sangat rekomendasi banget untuk kalian pecinta film di luar sana.

Rating yang cocok untuk film ini adalah B+, sebuah film dengan penggambaran konflik yang sangat proporsional serta mumpuni karena akting pemainnya dan penyutradaraan dari Sidney Lumet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar