Senin, 09 Januari 2017

REVIEW FILM - NEBRASKA (2013)

IMDB: 7.7/10
ROTTEN TOMATOES: 91% & 83 %
Genre: Drama, Comedy, Family

Director : Alexander Payne
Written By : Bob Nelson
Cast : Bruce Dern - Woody Grant
          Will Forte - David Grant
          June Squibb - Kate Grant
          Bob Odenkirk - Ross Grant
          Stacy Keach - Ed Pegram
          etc

Awards :
Academy Awards, USA 2014

Nominated
Best Motion Picture of the Year
Albert Berger
Ron Yerxa
Best Performance by an Actor in a Leading Role
Bruce Dern
Best Performance by an Actress in a Supporting Role
June Squibb
Best Achievement in Cinematography
Phedon Papamichael
Best Achievement in Directing
Alexander Payne
Best Writing, Original Screenplay
Bob Nelson

SAMARINDA - Oke, sebelumnya saya akan menyapa kalian dulu karena kebetulan ini adalah postingan baru saya walaupun ide dari blog ini sudah lama. Film pertama yang akan saya bahas kali ini adalah Nebraska (2013) yang di sutradarai oleh Alexander Payne yang sebelumnya terkenal dengan film The Descendants, Sideways, About Schmidtz, Election dan lain-lain. Jujur, saya belum banyak tau dengan sutradara satu ini, filmnya pun yang pernah saya tonton adalah The Descendants dan Election, kemudian Nebraska ini. Namun melihat jejak karirinya bisa di bilang sutradara ini jarang memproduski film jelek dan rata-rata filmnya Oscar Worthy loh hehehe.

Diperankan oleh Bruce Dern, Nebraska bercerita tentang seorang pria tua bernama Woody Grant yang sangat ingin sekali (bahkan ngotot) pergi ke Nebraska untuk mengambil hadiah lotre sekitar 1 Juta Dolar AS yang ia menangkan. Namun hal itu sangat di tentang oleh keluarganya sendiri, terutama sang istri yang di perankan June Squibb. Anak-anak mereka pun di buat geram oleh sifat pria tua satu ini yang terkadang kabur dari rumah dan nekat berjalan kaki. Will Forte (Macgruber, Last Man On Earth) memerankan sebagai David Grant, anak dari Woody. David nekat menemani ayahnya untuk pergi ke Nebraska karena ia merasa iba dan berfikir mungkin hidup ayahnya sudah tak lama lagi dan siapa tau ini keinginan terakhirnya?



Film ini sangat bertempo lambat, bagi kalian yang terbiasa menonton film action atau thriller ya mungkin di sarankan sangat bersabar karena 30 menit pertama mungkin kalian akan selalu menguap dan men-skip beberapa adegan. Tapi, santai dulu. Sutradara Alexander Payne mengemas film ini dengan beberapa tujuan, mulai dari gambar yang di buat hitam-putih, setting tempat di perdesaan (sedikit adegan perkotaan) dan juga akting pemeran yang sangat mumpuni. Bobot cerita yang sederhana ini sangat menyentuh di tambah adegan pemainnya yang sangat natural. Alur cerita yang lambat dengan ending yang mantap mampu menyentuh nurani kalian, percaya deh. Bisa di bilang film ini termasuk genre komedi juga namun lebih ke black komedi dan beberapa guyonan sarkas.

Kelebihan film ini antara lain cerita yang sederhana, konflik yang pas dan tidak lebay, akting yang sangat natural + memukau dan juga pengambilan gambar serta editing yang pas membuat Nebraska mendapat 6 nominasi di penghargaan Oscar. Bruce Dern menggambarkan karakternya dengan baik, dan ku fikir ia berhasil menghasilkan beberapa elemen penting di film ini. Ia membuat penonton geram, bingung, tertawa dan bahkan menangis. Ia mampu menggambarkan dirinya bahwa ia adalah pria tua rentan yang sangat ingin di benci namun juga di kasihani. Will Forte juga berhasil memerankan David dengan pas, sebagai peran anak ia bisa membuat penonton merasakan apa yang di alaminya di dalam film. Peran istri yang diperankan June Squibb adalah penambah bumbu sedap di film ini. Sebagai istri dan ibu-ibu yang cerewet ia sangat berhasil, beberapa adegan akan membuat kalian tertawa sinis, di jamin deh hehe. Tak lupa dengan beberapa pemain figuran yang tak sia-sia dan membuat film ini semakin hidup.



Sekarang kekurangan dari film ini? bisa di bilang tak terlalu banyak, namun seperti biasa tak ada yang sempurna di dunia ini. Beberapa adegan di awal bisa di bilang sangat lambat karena ada beberapa cerita yang sebenarnya tak usah/penting di masukan disini. Mungkin ini akal-akalan sutradara saja sebagai pengantar cerita dari beberapa background karakter. Tapi overall film ini sangat di rekomendasikan untuk kalian! Bagi kalian yang bosan akan film jaman sekarang yang selalu melibatkan ledakan, tembakan, darah ataupun sex. Film ini cocok bagi kalian yang mencari sebuah kualitas dari esensi "Film" sendiri dimana pesan yang di sampaikan begitu menarik dan masuk ke otak kalian melalui peran dan cerita yang di motori Alexander Payne.

Rating saya A-
Rekomendasi banget!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar