Kamis, 12 Januari 2017

REVIEW FILM - THE ACCOUNTANT (2016)

IMDB: 7.5/10
ROTTEN TOMATOES: 51% & 80%
Genre: Action, Crime, Drama

Director: Gavin O'Connor
Written: Bill Dubuque
Cast: Ben Affleck - Christian Wolff
         Anna Kendrick - Dana Cummings
         J.K. Simmons - Ray King
         Jon Bernthal - Brax
         Cynthia Addai-Robinson - Marybeth Medina
         Jon Lithgow - Lamar Blackburn
         Jeffrey Tambor - Francis Silverberg
         etc

SAMARINDA - Pertama kali melihat judul film ini, kukira ini akan seperti A Beautiful Mind atau Good Will Hunting. Namun setelah melihatnya, saya terkesan dengan film Ben Affleck yang satu ini. Bagaimana tidak? Film yang mempunyai plot "standar" dengan garapan yang sangat menarik ini mampu bersaing di jajaran film terbaik tahun 2016. Bercerita tentang akuntan bernama Christian Wolff (Ben Affleck) yang mengidap penyakit autis sejak dini namun memiliki otak yang brilian. Di samping pekerjaannya sebagai akuntan mungkin orang-orang tak akan mengira ia adalah orang yang berbahaya. Ia terkenal berkerja dengan beberapa kriminal di dunia. Itulah yang membuat ia sangat ahli dalam bela diri, taktik, senjata dan lain-lain. Pada suatu kasus ia di rekrut sebuah perusahaan untuk mencari tau setiap pengeluaran gelap yang terjadi disana. Bersama seorang akuntan muda Dana (Anna Kendrick) ia berhasil menyimpulkan beberapa data dan melihat sebuah "lubang" dalam aliran dana. Namun hal itu membuat dirinya dalam bahaya, ketika beberapa tentara bayaran di kirim untuk membunuh dirinya dan juga Dana.

Sebuah apresiasi untuk Bill Dubuque yang melahirkan cerita jenius ini. Walaupun ini adalah film dengan plot yang standar menurut saya namun siapa sangka seorang autis jenius juga adalah pembunuh mengerikan. Pendalaman karakter utama padat dengan alur flashback yang jelas membantu penonton untuk memahami karakter si pemeran utama. Begitu juga dengan konflik yang ada disini, walaupun bagi saya ada beberapa hal yang tak terlalu penting untuk di masukan ke cerita namun dengan arahan Gavin O'Connor semua terlihat begitu penting. Dijamin kalian akan merasa seperti menonton film John Wick dengan perpaduan A Beautiful Mind. Bill Dubuque sebelumnya juga berhasil menulis cerita The Judge yang diperankan Robert Downey Jr. Dengan bumbu drama yang pas, serta tone yang gelap maka komplit sudah perpaduan aksi sekaligus drama di film ini.

Ben Affleck menyebutkan ini adalah salah satu peran terfavoritnya setelah Bruce Wayne (BVS), Chucky (Good Wll Hunting), dan Tony Mendez (Argo). Tak salah ia menyebut itu karena di film ini ia berhasil membawakan peran tersebut. Akting menjadi seorang akuntan yang autis sekaligus pembunuh berdarah dingin membuat karirnya semakin matang dari tahun ke tahun. Peran pembantu seperti J.K. Simmons juga mampu menyita perhatian para penonton dengan latar belakang Ray King. Anna Kendrick, Jon Lithgow juga kurasa sudah baik-baik saja dengan role yang mereka mainkan. Hanya saja mungkin dengan peran Brax (Jon Bernthal) yang kurang di telusuri sedikit lagi, karena ia bisa dibilang memerankan peran cukup penting disini.



Hanya saja beberapa kekurangan dari film ini adalah musik yang menurut saya kurang "nendang" dengan balutan laga aksinya. Gaya penyutradaraan Gavin O'Connor juga tak berubah seperti film dia sebelumnya Warrior. Memakai kesan gelap dan still camera yang memantik emosi. Mungkin peran Cynthia Addai-Robinson disini yang membuat saya terganggu. Jujur, dia adalah pemain bertalenta. Dia memerankan Amanda Waller dengan baik di film Arrow. Namun dalam film ini entah mengapa ia seperti di matikan geraknya walaupun peran yang ia mainkan sangat berguna. Sungguh membuang-buang talent. Tapi selain itu, overall film ini layak untuk kalian simak.

Rating yang cocok untuk film ini adalah B+
Rekomendasi sekali untuk kalian tonton sebagai penghibur lara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar