Selasa, 17 Januari 2017

REVIEW FILM - CLERKS (1994)

IMDB: 7.8/10
ROTTEN TOMATOES: 88% & 89%
Genre: Comedy

Director: Kevin Smith
Written: Kevin Smith
Cast: Brian O'Halloran - Dante Hicks
         Jeff Anderson - Randall Graves
         Marilyn Ghigliotti - Veronica
         Lisa Spoonauer - Caitlin Bree
         Jason Mewes - Jay
         Kevin - Silent Bob
         etc

SAMARINDA - Film Clerks adalah sebuah bukti nyata dari mimpi seorang Kevin Smith. Seorang sinematografi muda yang rela mempertaruhkan semuanya untuk membuat sebuah film impiannya. Dimana dia harus menguras habis tabungannya serta memproduksi film di tengah-tengah pekerjaannya sebagai penjaga toko. Kalian mungkin jarang menonton film dengan budget yang sangat rendah namun sangat sukses di pasaran komersil, film ini adalah sebuah jiwa dari industri perfilman indie. "Its all about dialogue", hanya itu yang dapat ku sampaikan tentang film ini. Film arahan Kevin Smith yang di produksi pada tahun 1994 dengan bermodalkan uang seadanya dengan jajaran pemain yang tak lain adalah orang-orang terdekatnya. Film yang menceritakan tentang 2 orang penjaga toko dan penjaga rental film bernama Dante dan Randall ini sungguh akan menguras tawa kalian hingga akhir film. Naskah yang sangat sederhana serta garapan yang sangat kreatif membuat Clerks menjadi sebuah gebrakan karir dari seorang Kevin Smith.


Alkisah Dante dan Randall adalah seorang sahabat yang pekerjaannya hanyalah menunggu pelanggan datang dan melayani mereka. Setting film yang berlatar 1 hari ini membuat jalan cerita menjadi padat dan pas untuk di cerna penonton. Film indie yang memberatkan pada dialog-dialog antar pemainnya ini sukses membawa penonton tertawa sekaligus mengimajinasikan apa yang mereka maksud. Mulai dari percakapan tentang Star Wars, tentang Seks, bahkan filosofi kehidupan ada dalam sini. Ditambah peran pemain-pemain yang sangat ikonik, sebut saja Jay dan Silent Bob, sekelompok anak muda pengedar yang kerjaannya hanya nongkrong di depan toko. Mungkin dari jalan cerita yang begitu simpel ini kalian tak akan kesulitan menguraikan apa yang terjadi, tetapi jangan salah dulu. Tiap dialog yang mereka lakukan semua mempunyai semantik tersendiri, sungguh naskah yang jenius dari Kevin Smith.



Kelebihan dari film ini adalah naskah yang sederhana, serta dialog-dialog yang sangat menarik. Pemeranan karakter di dalam ini juga pas, tiap masing-masing pemain mempunyai jatahnya sendiri dalam berekspresi. Konflik yang di munculkan pun juga mampu membuat kalian tertawa, bingung dan simpati. Chemistry antara Dante dan Randall sangat terjaga di film ini. Sekaligus pemeran pembantu tiap karakter yang mengundang perhatian tersendiri. Film ini adalah sebuah film "Black Comedy" yang mengandung unsur sarkasme dan satir. Perhatikan dialog sedetail mungkin dan kalian akan tepuk tangan setelah menonton film ini. Dan juga yang tak kalah penting adalah karakter Randall, dia adalah nyawa di film ini. Dia tampil memukau di tiap scene, dan dia adalah alasan film ini sungguh berkualitas. Selain itu juga editing gambar yang di buat hitam putih ini adalah salah satu kreatifitas Kevin Smith. Mengapa? Film yang ber-budget rendah ini hampir di filmkan tiap malam setelah ia selesai kerja. Dan untuk menghindari jumping nya gambar akibat lampu yang berbeda maka ia membuat gambar menjadi hitam-putih. Sungguh cerdik.

Kelemahan dari film ini sangat minim, yang tak lain adalah peran para pemainnya yang bisa di bilang terkesan datar (Pemain kebanyakan teman Kevin dan masih amatir). Terkadang cut tiap scene yang sedikit kasar dan beberapa kali input scene yang tak terlalu penting membuat film ini mempunyai kelemahan. Tapi tidak jadi masalah, toh film ini sebuah film indie berbudget rendah? dan sudah di jelaskan ini adalah awal mula dari puncak karir Kevin Smith.

Rating yang cocok adalah A-
Bagi kalian moviemaker pemula, jangan berkecil hati. Clerks adalah bukti nyata bahwa film indie mampu sukses layaknya film box office.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar