Selasa, 17 Januari 2017

REVIEW FILM - THE BREAKFAST CLUB (1985)

IMDB: 7.9/10
ROTTEN TOMATOES: 89% & 92%
Genre: Comedy, Drama

Director: John Hughes
Written: John Hughes
Cast: Judd Nelson - John Bender
         Emilio Esteves - Andrew Clark
         Anthony Michael Hall - Brian Johnson
         Molly Ringwald - Claire Standish
         Ally Sheedy - Allison Reynolds
         Paul Gleason - Richard Vernon
         John Kapelos - Carl
         etc


SAMARINDA – The Breakfast Club mungkin adalah salah satu dari sekian banyak film yang harus kamu tonton sebelum tutup usia. Bagaimana tidak? Film ini menjadi trendsetter pada kalangan film remaja dari masa lalu hingga sekarang. Film ini sungguh jenius dan ikonik sekali. Dengan alur cerita yang sederhana namun sungguh menyentuh membuat para penonton terbawa suasana emosi dalam film ini. Sungguh ikonik sekali. Mungkin ini adalah film lama, di produksi pada tahun 1985 tetapi kenangan dalam cerita ini membuat film ini tak akan pudar dalam waktu puluhan tahun berikutnya. Sungguh naskah dan garapan yang luar biasa dari sutradara John Hughes (Penulis cerita Home Alone Series). Sudah tak di ragukan lagi bahwa film Home Alone Series adalah film yang menghibur kalian, belum lagi di film Ferris Bueller Day’s Off yang salah satu film brilian pada masanya. John Hughes lagi-lagi mengusung film drama remaja yang pantas untuk di tonton kalangan kawula muda.


Film ini bercerita tentang 5 anak yang harus mengikuti jam tambahan di sekolahnya pada hari libur karena ulah kenakalan mereka, Andrew, Brian, John, Claire dan Allison. Mungkin ini terdengar klise, seorang guru yang menghukum muridnya karena kenakalan mereka. Namun yang membuat film ini menarik adalah background tiap-tiap karakter yang ada disana. Tiap peran yang mereka mainkan berasal dari asal usul yang berbeda. Andrew adalah seorang atlit sekolah, Claire adalah wanita terpopuler disana, Brian seorang kutu buku, Allison seorang wanita yang misterius dan John adalah preman sekolah.


Kekuatan dari film ini sekali lagi adalah penulisan cerita dan karakterisasi tiap tokohnya. Semua sungguh sempurna memainkan peran. Bahkan pemeran pembantu seperti Guru dan tukang bersih-bersih saja membuat jalan cerita ini semakin menarik. Mengangkat isu dimana para orang tua dulu memaksakan anaknya untuk menjadi seperti yang mereka inginkan, sistem sekolah yang membuat anak kehilangan jati diri mereka serta persoalan-persoalan remaja pada saat itu. Tiap pemain membuat diri mereka jadi ikonik remaja pada masa itu. Tapi yang menarik perhatian adalah performa Judd Nelson yang memerankan sebagai John Bender. Sungguh sangat luar biasa ikonik dan sangat terbaik. Dia salah satu alasan mengapa film ini wajib ditonton.

Hampir tidak ada kekurangan di dalam film ini. Penulisan cerita, konflik, penyutradaraan dan akting yang sangat pas dan proporsional membuat The Breakfast Club menjadi film remaja yang sempurna. Jarang sekali untuk di masa kini membuat film yang menarik seperti garapan John Hughes ini.
Rating yang saya beri adalah A! Sungguh wajib untuk kamu tonton!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar