Jumat, 03 Februari 2017

REVIEW FILM - IL MARE (2000)

IMDB: 7.7/10
ROTTEN TOMATOES: 89%
Genre: Drama, Fantasy, Romance

Directed: Hyun-seung Lee
Written: Eun-Jeong Kim, Tae-Yeon Won & Ji-Na Yeo
Cast: Jung-Jae Lee - Han Sung-Hyun
         Ji-Hyun Jun - Kim Eun Ju
         Seung-yeon Jo - Jae-hyeok
         etc

SAMARINDA - Negara Korea Selatan memang terkenal dengan industri film dramanya yang sangat digemari remaja hampir di seluruh Asia atau bahkan dunia? Namun kali ini saya tidak akan membahasa sebuah cerita tentang drama serial seperti Goblin, atau Descendants of The Sun atau yang lain-lain. Selain terkenal dengan drama serialnya namun Korea juga mempunyai beberapa film live action yang memang sangat menarik apalagi soal percintaan. Film Il Mare yang akan saya bahas kali ini pun sangat erat kaitannya dengan itu. Di produksi pada tahun 2000, mungkin film ini dulu kalah bersaing dengan Meteor Garden. Namun jika anda bersedia sejenak untuk menyimak dan menonton Il Mare maka kalian tak akan menyesal. Oh, iya film ini sempat di remake versi Hollywoodnya yang berjudul The Lake House, di bintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock. Tak ada salahnya kalian melihat itu, tetapi saran saya lebih baik kalian menonton film Il Mare terlebih dahulu.



Film ini bergenre Drama, Romance sekaligus Fantasy yang cukup unik menurut saya. Bertema dengan time travel bisa juga? Bisa juga tidak. Awal bermula bercerita tentang seorang wanita bernama Kim Eun Ju yang baru saja pindah dari sebuah rumah di pinggir pantai, ia menaruhkan surat untuk penghuni selanjutnya. Namun seorang pria bernama Han Sung-Hyun yang membalas surat ia mengklaim dirinya bahwa ia adalah penghuni pertama dari rumah itu. Alur cerita pada awal tiap scene mungkin akan sedikit membuat para penonton bingung, namun easter eggs kecil yang di sisipi dalam tiap pesan surat itu membuat kita menjadi paham. Han Sung-Hyun yang tinggal disana pada tahun 1997 sedangkan Kim Eun Ju pada tahun 1999. Mereka akhirnya sepakat bahwa kotak surat tersebut mampu menembus ruang waktu yang menghubungkan antara mereka berdua.

Saya tidak terlalu tau banyak mengenai sutradara ataupun para pemainnya, namun yang jelas dari penggarapan film ini sang sutradara sangat berhati-hati membuat alur yang tetap terjaga dan tak terlalu terburu-buru. Film ini akan fokus pada 2 karakter utamanya yang memainkan peran mereka dengan sangat baik. Karakter pria adalah seorang konstruktor alat berat yang mempunyai bakat arsitektur dan mempunyai masalah keluarga, sedangkan karakter wanita adalah pengisi suara untuk film anak-anak di korea yang mempunyai masalah dengan cinta masa lalunya.



Sinematografi dari film ini pun patut di acungi jempol, desain properti yang bagus, serta kita dapat merasakan rasanya tinggal di daerah pinggiran laut melalui gambar-gambar yang di ambil di film ini. Soundtrack yang pas menambah kesan dramatis dalam film ini pun tak kalah menarik. Kelebihan film ini adalah cerita yang orisinil sekaligus penguatan karakter utamanya. Kita akan merasa mengacuhkan fakta bahwa mereka berhubungan melintasi waktu dan fokus pada kehidupan mereka. Sekali lagi, alur dalam film ini di jaga baik-baik dan tak terburu-buru seperti film The Lake House (Spoiler).

Rasanya sangat jarang kita melihat film seindah ini. Film Il Mare mempunyai ending yang sangat menyentuh dan sedikit twist namun tak memaksakan diri.
Film ini sangat rekomendasi untuk kalian pecinta film romantis yang "Tak Biasa". Rating B+ sangat cocok untuk film Il Mare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar