Selasa, 21 Februari 2017

REVIEW FILM - PASSENGERS (2016)

IMDB: 7.0/10
ROTTEN TOMATOES: 31% & 66%
Genre: Adventure, Drama, Romance

Director: Morten Tyldum
Written: Jon Spaihts
Cast: Jennifer Lawrence - Aurora Lane
        Chris Pratt - Jim Preston
        Michael Sheen - Arthur
        Laurence Fishburne - Gus Manuco
        Andy Garcia - Captain Norris
        etc

SAMARINDA - Bagaimana rasanya jika kau terbangun sendiri, di dalam sebuah kapal luar angkasa, dimana para manusia lain masih tertidur dalam sleeping pod dan kau harus menyelamatkan mereka karena kapal kalian akan hancur? Sebuah plot yang cukup menarik, mengingat film sci-fi luar angkasa ini bukan mengenai tentang alien ataupun makhluk seram lainnya. Film ini mengingatkanku pada The Martians maupun Gravity. Walaupun ini tidak se-survival Gravity dan tak terlalu adventure seperti The Martians tapi film Passengers cukup menarik dan asik di tonton. Mengandalkan duet idaman yaitu Jennifer Lawrence dan Chris Pratt, film ini mampu menyelamatkan keterpurukannya dalam Box Office. Mari kita simak plot, serta kelebihan dan kekurangan dari film ini!

Film ini bersetting di masa depan, ketika manusia menemukan sebuah planet baru bernama Homestead II dan terjadi imigrasi besar-besaran menggunakan kapal luar angkasa Avalon. 5000 penumpang dan 258 kru awak kapal berada disana. Namun, karena sebuah benturan meteor, sebuah kesalahan sistem membangunkan penumpang yang bernama Jim Preston (Chris Pratt). Di kala tidur panjangnya ia malah terbangun terlebih dahulu sebelum penumpang lainnya. Semua hal sudah di lakukannya untuk memperbaik sleeping pod tersebut namun masih juga tak berhasil. Pada ujung depresinya, ia menemukan sleeping pod wanita bernama Aurora Lane (Jennifer Lawrence) seorang jurnalis muda yang sangat ambisius. Ia pun karena merasa lelah sendiri, akhirnya mau tak mau menyabotase kapsul tidur Aurora dan membangunkannya. Mereka berdua pun kini adalah satu-satunya penumpang yang terbangun disana.


Oke, kelebihan di film ini tentu saja sudah pasti bisa di tebak. J-Law dan Chris Pratt menampilkan performa terbaik mereka. Selain akting mereka yang sudah sangat teruji dengan film-film mereka sebelumnya, chemistry diantara mereka sungguhlah jempolan. Chris memerankan seorang insinyur yang depresi. Alasan ia meninggalkan bumi karena ia ingin lebih berkembang dan lebih berguna di planet baru tersebut. Ia mampu membawakan emosi karakter yang di ciptakan. Tingkah laku konyolnya pun tak juga ketinggalan, sebuah adegan humor-humor segar serta adegan romantis canggung yang ia bawakan berhasil menjadi penarik untuk film ini. Untuk Jennifer Lawrence sendiri sudah tak usah di ragukan lagi. Peraih 1 Oscar dan 3 nominasi ini sudah sangat berjaya di Hollywood belakangan ini. Tingkat akting yang di bawakannya sama seperti peran-peran sebelumnya. Namun yang menarik disini ia bukanlah fokus utama dalam film Passengers. Walaupun ia adalah karakter protagonis, namun menurut saya penampilannya masih terbayangi Chris Pratt. Tapi, untuk beberapa adegan, ia tetap berhasil membawa emosi penonton. Ada satu scene yang menurut saya sangat sederhana namun membuat saya merinding, yakni kala emosi mereka berdua akhirnya terkalahkan oleh cinta.

Untuk kekurangan dari film ini? Sangat susah untuk melihat kerendahan kualitas sebuah film. Mulai dari penulisan cerita, mungkin sedikit klise namun tak menjadi masalah karena cerita ini terfokus pada romansa mereka berdua. Untuk setting dan latar tempat sungguh bagus, tak bisa dicela. Penggarapan film ini pun terhitung standar, sutradara Morten Tyldum berhasil membawakan film dengan pintar, editing serta tone yang pas juga cukup baik. Walaupun film ini tidak se-masterpiece karyanya sebelumnya, yaitu Imitation Game. Untuk pemeran pembantu mungkin bisa di bilang kurang. Peran Michael Sheen sebagai android bernama Arthur menurut saya pas. Namun peran Laurence Fishburne dan Andy Garcia yang begitu...meh? membuat saya sedikit geram. Pasalnya mereka berdua harusnya mampu mengantarkan cerita ini menjadi lebih sedikit menarik. Ya Laurence Fishburne lebih banyak waktu disini ketimbang Andy Garcia. Tapi semoga itu tidak menjadi masalah.


Film ini adalah sebuah popcorn movie. Menyenangkan untuk kalian simak bersama teman-teman kalian sambil bersantai. Ataupun bersama pasangan anda. Karena notabene ini adalah film Drama + Romance. Tidak ada kekurangan yang terlalu besar untuk film ini dan tak ada kelebihan yang spesial untuk film ini. Rating B cocok untuk film ini sebagai pelipur lara kalian. Dan cukup rekomendasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar