Selasa, 14 Februari 2017

REVIEW FILM - RUBY SPARKS (2012)

IMDB: 7.2/10
ROTTEN TOMATOES: 78% & 75%
Genre: Drama, Romance, Fantasy

Director: Jonathan Dayton, Valerie Faris
Written: Zoe Kazan
Cast: Paul Dano - Calvin
         Zoe Kazan - Ruby Sparks
         Chris Messina - Harry
         Annette Bening - Gertrude
         Antonio Banderas - Mort
         Steve Coogan - Langdon Tharp
         Elliot Gould - Dr. Rosenthal
         etc

SAMARINDA - Karena kebetulan kemarin adalah Hari Valentine, maka saya akan mencoba memposting salah satu film romansa favorit saya. Oh, ya ini bisa di bilang bukan film yang terlalu romance seperti The Notebook ataupun Titanic, tapi ini adalah film tentang cinta. Film Ruby Sparks sendiri di sutradarai oleh duo Jonathan Dayton & Valerie Faris yang sebelumnya sukses dengan film drama komedi Little Miss Sunshine. Walaupun film ini tak se-masterpiece Little Miss Sunshine namun Ruby Sparks sendiri mempunyai bobot cerita yang tak kalah menarik dan rekomendasi untuk kalian para movie enthusiast di luar sana.

Film ini bercerita tentang seorang penulis bernama Calvin yang diperankan oleh Paul Dano yang sedang mengalami gejala writerblock atau kesulitan mencari bahan tulisan (Penyakit umum penulis). Di tengah kesuksesannya sebagai penulis muda yang berbakat, namun ia memendam kesedihan karena kehidupannya yang begitu sunyi apalagi pasca di putus dengan mantan kekasihnya. Ia akhirnya menuliskan tentang seorang wanita idaman dalam tulisannya yang ia gambarkan begitu nyata, begitu sempurna baginya dan membuat ia menjadi semangat lagi menulis. Namun semua menjadi semakin aneh ketika wanita dalam cerita tersebut menjadi kenyataan. Awal mula yang canggung dan sangat membingungkan akhirnya di tepis oleh Calvin dengan mencoba beradaptasi dengan wanita bernama Ruby Sparks itu. Namun lambat laun, Calvin menyadari bahwa bukan wanita itu yang ia cari selama ini. Ruby Sparks hanyalah sebuah karakter dalam ceritanya saja. Ia dapat mengubah sifat dan tingkah laku wanita itu sesuka hatinya dengan menuliskan cerita baru dalam novelnya.



Film ini bertema sebuah fantasi dimana seorang penulis yang patah hati berimajinasi tentang wanita idamannya yang menjadi  nyata dalam sebuah tulisan. Tema yang menarik ini sungguh sangat unik. Apalagi melihat perubahan moral yang dialami Calvin ketika Ruby Sparks muncul dalam hidupnya. Ia menjadi pria posesif, egois terhadap tokoh wanita itu. Paul Dano sekali lagi berhasil mencuri perhatian. Ia adalah salah satu aktor yang underrated di Hollywood. Namun semua sudah tau apa kemampuan aktingnya, bahkan di film There Will Be Blood ia mampu mengimbangi kharisma Daniel Day Lewis.

Sekali lagi, ini bukanlah film yang terlalu romansa. Ini adalah film mengenai tentang cinta. Dimana cinta itu dapat mengubah kepribadian seseorang, entah itu menjadi lebih baik atau lebih buruk. Penggambaran karakter serta penguatan cerita menjadi tumpuan utama dalam film ini. Akting Zoe Kazan sebagai Ruby Sparks pun mampu mencuri tiap scene yang di tampilkan. Serta jajaran pemeran pembantu lainnya juga di tambahkan dengan baik menjadi "bumbu penyedap" dalam film ini. Tidak ada kemubaziran dalam film Ruby Sparks.



Hanya saja mungkin beberapa penonton akan sedikit di buat jenuh dengan adegan-adegan yang bisa membuat anda menguap serta beberapa dialog yang terlalu corny. Kekurangan dari film ini tak terlalu banyak kok. Film ini tetap kuat dalam penggambaran ceritanya. Ini adalah film romansa cerdas, bagi kalian yang berharap untuk terpukau dengan adegan romance mungkin saranku jangan menonton film ini. Karena bukan ini tujuan utama dari film Ruby Sparks.
Overall, film ini cocok di beri rating B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar