Sabtu, 25 Februari 2017

REVIEW FILM - THE EDGE OF SEVENTEEN (2016)

IMDB: 7.5/10
ROTTEN TOMATOES: 95% & 85%
Genre: Comedy, Drama

Director: Kelly Fremon Craig
Written: Kelly Fremon Craig
Cast: Hailee Steinfield - Nadine
         Haley Lu Richardson - Krista
         Blake Jenner - Darian
         Kyra Sedgwick - Mona
         Woody Harrelson - Mr. Bruner
         Hayden Szeto - Erwin
         Alexander Calvert - Nick Mossman
         etc

SAMARINDA - Masa remaja adalah masa-masa yang menyenangkan bagi beberapa orang. Dimana masa itu adalah masa mencari jati diri, menanam impian di masa depan atau bahkan menemukan cinta sejati. Memang, masa remaja menyenangkan. Tapi tidak bagi Nadine. Karakter dari film ini. Film The Edge of Seventeen menceritakan tentang kehidupan remaja seorang wanita bernama Nadine yang harus bergelut dengan kejadian-kejadian di sekitarnya yang sangat-sangat rumit. Mulai dari kematian ayahnya, perkelahian dengan sahabatnya hingga kejadian konyol yang ia lakukan karena terbawa emosi. Film ini bergenre komedi sekaligus drama, dan di sutradari sekaligus ditulis oleh Kelly Fremon Craig. Sebelumnya ia adalah penulis naskah untuk film Post Grad, dan ini adalah film pertamanya yang ia sutradarai. Sungguh awalan yang baik untuk pertama kali, karena ia berhasil memainkan alur yang baik serta penggambaran cerita yang tersusun rapi. Di dukung dengan pemain papan atas seperti Woody Harrelson, Kyra Sedgwick dan Hailee Steinfeld maka tak salah jika film ini banyak di nikmati oleh para penonton dan kritikus diluar sana.

Film ini bermula dengan adegan Nadine (Hailee Steinfield) yang sedang curhat dengan gurunya Mr. Bruner (Woody Harrelson). Kemudian dengan kilasan balik adegan-adegan yang menceritakan tentang kehidupan Nadine mulai dari dia kecil sampai saat dia dewasa sekarang. Mulai dari kecil Nadine sudah berfikir bahwa dia adalah anak yang berbeda. Saudaranya, Darian bisa di bilang lebih di sayang oleh ibunya. Namun, ayahnya lebih menyukai Nadine. Namun, ayahnya sendiri harus meninggal karena penyakit yang di alaminya. Sahabat satu-satunya Nadine adalah Krista (Haley Lu Richardson) dan itupun mereka harus bertengkar karena Krista dan Darian (Blake Jenner) berkencan. Begitu banyak konflik-konflik yang dimunculkan dan perlahan tapi pasti,mengubah persepsi Nadine tentang arti "Sweet Seventeen" selama ini.



Dari awal sampai selesai cerita, saya disuguhkan dengan tontonan yang sangat menghibur. Bukan hanya dari segi cerita saja, namun dari karakter masing-masing yang begitu menarik. Film ini mempunyai kelebihan yaitu penggambaran konflik yang menarik dan sesuai untuk film remaja. Hailee Steinfield benar-benar sangat bagus memerankan karakter Nadine. Ia berperan sebagai remaja yang labil, di kuasai egoisnya dan merasa paling benar di dunia ini. Belum lagi karakter-karakter pendukung yang sama baiknya memerankan diri mereka. Dan juga, aku suka sekali dengan film yang mempunyai dialog yang pintar. Kelly Fremon Craig sungguh pintar dalam menulis cerita ini, dialog-dialog sarkas antar pemain, bahkan momen-momen canggung yang disusun dalam tiap adegan membuat saya tersenyum aneh namun suka karena menonton ini.

Mungkin dari beberapa hal diatas yang tidak terlalu saya sukai adalah soundtrack dan editing dari film ini. Beberapa cut-to-cut yang tak rapi serta pengisian backsound yang kurang menurut saya membuat terkadang sedikit jenuh. Namun semua itu bisa di selamatkan dengan total secara keseluruhan. Woody Harrelson mempunyai peran yang sangat sedikit, namun tetap berhasil memerankan karakternya. Untuk karakter Darian dan Krista mungkin sedikit kurang dalam menumbuhkan bumbu chemistry mereka terhadap karakter Nadine. Film ini sendiri berhasil mengantarkan Hailee Steinfield mendapatkan nominasi pada Golden Globe sebagai aktris favorit, Walaupun ia gagal memenangkannya tetapi setidaknya itu adalah prestasi karena di usia mudanya Hailee Steinfield juga pernah masuk nominasi Oscar atas perannya dalam film True Grit.



Overall, film ini sangat menarik untuk di nikmati oleh semua kalangan usia. Dimanapun kalian menontonnya, bersama siapapun kalian menyaksikannya maka itu tak jadi masalah. Film ini bercerita tentang kehidupan Nadine yang harus mengalami masa berat dan persepsinya tentang dunia remajanya. Film ini juga ada unsur romantisnya walaupun sedikit dan yang jelas humor-humor segar ala remaja juga ada disana. Ini adalah film berkualitas. Rating B+ sangat cocok! Enjoy it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar