Sabtu, 04 Februari 2017

REVIEW FILM - PUNCH-DRUNK LOVE (2002)

IMDB: 7.3/10
ROTTEN TOMATOES: 79% & 77%
Genre: Drama, Comedy, Romance

Director: Paul Thomas Anderson
Written: Paul Thomas Anderson
Cast: Adam Sandler - Barry Egan
        Emily Watson - Lena Leonard
        Luis Guzman - Lance
        Julie Hermelin - Kathleen
        Mary Lynn Rajskub - Elizabeth
        Phillip Seymour Hoffman - Dean Trumbell
        etc

SAMARINDA - Sutradara kawakan Paul Thomas Anderson sebelumnya terkenal dengan film Magnolia dan Boogie Nights. Dengan gaya penyutradaraan yang khas serta genre drama yang kental membuat film ini kurang lebih dengan film-film lain dari dia. Namun kali ini yang berbeda adalah tema Romansa yang di angkat dengan bumbu drama serta pengkarakteran yang mempunyai permasalahan dalam dirinya. Yang membuat unik lagi adalah aktor utama dari film ini adalah Adam Sandler. Adam Sandler terkenal dengan film-film komedinya seperti Growns Up, Dont Mess With The Zohan dan lain-lain. Mungkin banyak sekali yang tak terlalu tertarik dengan film ini karena Adam Sandler sendiri bukanlah aktor yang tepat untuk memainkan peran dalam Punch-Drunk Love. Tapi, hal itu akan di patahkan ketika kalian melihat salah satu performa terbaiknya di film ini.

Film ini menceritakan Barry Egan (Adam Sandler) seseorang yang sangat introvert dan mengalami gangguan emosional. Di tengah pekerjaannya yang monoton, keluarganya yang sangat bising menurutnya dan di kehidupannya yang sangat sepi ia mengalami perubahan drastis karena kehidupannya berubah akibat jatuh cinta dengan seorang wanita. Selain itu, ia juga mengalami pemerasan dari jasa phone sex yang mengancamnya setiap hari. Di tengah konflik yang terus berdatangan, perlahan ia membuka jati dirinya yang baru untuk memperebutkan cintanya sebelum kandas karena akibat ulah orang-orang yang terus mengancamnya.



Alur cerita ini mungkin sedikit bertempo lambat. Disarankan kalian agar bersabar jika menonton ini. Mungkin pada beberapa scene akan sedikit terlihat absurd dan membuat kita bertanya-tanya. Tapi tenang, itu adalah ciri khas sutradara dalam menyuguhkan penggambaran yang emosional. Naskah ini sendiripun di tulis langsung oleh Paul Thomas Anderson dengan seramping mungkin. Ia tidak lupa juga menambahkan sedikit bumbu komedi, namun ini bukanlah komedi tipikal Adam Sandler dan itu tak jadi masalah. Adam Sandler dalam film ini berhasil membawakan itu dengan baik. Dengan tone yang sedikit kebiru-biruan gelap yang menandakan suasana perasaan murung maka kita akan merasakan sedikit ke-depresian yang di alami karakter utama.

Pemain-pemain pembantu lainnya cukup dalam memerankan perannya dalam film ini. Tidak ada yang spesial. Bahkan penampilan Phillip Seymour Hoffman yang mempunyai sedikit adegan juga tetap menarik. Film ini sangat kuat karena penulisan cerita yang pas dan penokohan karakter yang baik. Akting Adam Sandler bahkan mendapatkan nominasi Golden Globe karena film ini. Sungguh hal yang sangat jarang bagi aktor lawak mendapat nominasi karena peran yang serius.



Kelemahan dalam film ini adalah tempo yang sedikit lambat dan ending yang bisa di tebak. Tentu saja, karena ini sebagian besar adalah mengenai percintaan. Dengan happy ending yang mudah di tebak namun bukan berarti film ini tak menarik. Kalian harus menontonnya, namun jangan bosan karena tempo film akan terasa sedikit lambat. Makna dalam film ini juga di gambarkan dengan sangat baik. Rating yang cocok untuk Punch-Drunk Love adalah B. Dan cukup lumayan untuk kalian simak jika membutuhkan tontonan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar